Arti pentingnya
organisasi dan metode
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata
kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien. Pengertian Organisasi
dan Metode secara lengkap adalah Rangkaian proses kegiatan yang harus
dilakukanuntuk menibgkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan
bagi berhasilnya proses Manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan
dinamika organisasi atau birokasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah
ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa
maksud yaitu :
- Organisasi dan Metode merupakankunci atau syarat kerja yang setepat-tepatnya.
- Organisasi dan Metode Penting bagi kegiatan Manajemen.
- Organisasi dan Metode Dapat memanfaatkan sumber-somber dan waktu yang tersedia.
- Organisasi dan Metode Berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Bagaimana sebuah organisasi bisa dikatakan baik?
Organisasi yang baik bisa di katakan organisasi yang terorganisir, organisasi
yang mempunyai visi dan misi atau tujuan yang jelas, organisasi yang mempunyai
perencanaan yang matang,organisasi yang mempunyai kreatifitas dan inofatif
dalam membuat perencanaan,organisasi yang bisa berkembang sesuai dengan tujuan
dan visi misi yang sudah menjadi kesepakatan. Sekarang ini banyak organisasi
yang gagal. Ini karena hal-hal diatas tidak terpenuhi.
Kerjasamamerupakan salah satu kunci keberhasilan.
Kerjasama yang baik bisa menjadi awal sebuah organisasi bisa berjalan dengan
lancar dan baik,di samping itu juga perlu adanya komunikasi yang baik pula.
Tanpa ada kerjasama dan komunikasi yang baik,sebuah organisasi tidak akan bisa
bertahan lama, Jika hal-hal itu tidak terpenuhi maka organisasi tidak akan
berjalan dengan baik.
Bentuk Organisasi Niaga
Dalam pembahasan ini saya akanmembahas bentuk
organisasi Niaga yaitu Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Terbatas (PT), adalah
suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari
saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya.
Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan
kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan. PT
dipimpin oleh direksi, Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta
Perseroan terbatas merupakan badan usaha dan besarnya
modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan perusahaan terpisah
dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki harta kekayaan
sendiri. Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu saham yang menjadi bukti
pemilikan perusahaan. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang terbatas,
yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi kekayaan
perusahaan, maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab para
pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut
dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan
memperoleh bagian keuntungan yang disebut dividen yang besarnya tergantung pada
besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas.
Selain berasal dari saham, modal PT dapat pula berasal
dari obligasi. Keuntungan yang diperoleh para pemilik obligasi adalah mereka
mendapatkan bunga tetap tanpa menghiraukan untung atau ruginya perseroan
terbatas tersebut.
Untuk mendirikan PT, harus dengan menggunakan akta
resmi ( akta yang dibuat oleh notaris ) yang di dalamnya dicantumkan nama lain
dari perseroan terbatas, modal, bidang usaha, alamat perusahaan, dan lain-lain.
Akta ini harus disahkan oleh menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
(dahulu Menteri Kehakiman). Untuk mendapat izin dari menteri kehakiman,
tentunya juga harus memenuhi syarat-syarat
Visi :
Untuk menjadi yang terdepan dalam memenuhi kepuasan
Mitra Usaha / Klien.
Misi :
Memberikan pelayanan terbaik kepada Mitra Usaha dengan
sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia kami sebagai
tenaga terlatih yang profesional sehingga mampu untuk bersaing didunia
internasional.
Organisasi dapat di artikan sebagai wadah bagi sekelompok
manusia yang saling bekerja sama atau bisa juga diartikan sebagai proses
pengelompokan manusia yang berkerja sama dengan efisien. Sedangkan metode
mempunyai arti tata cara kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Dari sumber lain mengatakan bahwa Organisasi adalah :
- suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama (Menurut Stoner).<*>
- Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama(Menurut D. Mooney).<*>
Jika digabungkan keduanya maka memiliki arti :
Rangkaian proses kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kegunaan segala
sumber dan faktor yang menentukan berhasilnya suatu proses management. Terutama
dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka
mencapai suatu target yang telah direncanakan secara efisien.
Seberapa penting peranan Metode dan Organisasi <M & O> ?? maka
dengan yakinnya modul ini mengatakan seperti ini :
- M & O merupakan kunci atas pelaksanaan kerja yang setepat tepatnya.
- M & O penting bagi kegiatan management
- M & O dapat memanfaatkan sumber – sumber dan waktu yang ada
- M & O berfungsi untuk meningkatkan efisiensi kerja dalam mencapai suatu target
Management adalah Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan
organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, dan pengendalian orang – orang serta sumber daya organisasi lainnya
(Nickels, McHugh and mcHugh 1997). <*>
Namun pada hakekatnya management adalah proses penggunaan cara – cara
pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah di
tentukan oleh kerjasama dengan orang lain tanpai mengabaikan sumber – sumber
lain dan waktu yang tersedia dengan cara setepat – tepatnya.
Berikut adalah penjabaran pengertian Organisasi menurut Nickels, McHugh and
McHugh 1997 :
- Management dalam Perencanaan
Perencanaan sangat dibutuhkan dalam rangka pencapaian target – target yang
telah di tetapkan sebelumnya, bagaimana trik – trik dalam mencapai target
tersebut agar segera tercapai dengan efisien (sedikit biaya, tinggii hasil).
- Management dalam Pengorganisasian
Pengorganisasian diadakan dengan tujuan penggolongan bagian bagian kerja
sesuai kemampuan masing masing tenaga kerja yang diharapkan dapat berkolaborasi
dalam mencapai targer yang telah di tentukan.
- Management dalam Motivating <pendorongan>
Motivating sangat terlihat keberadaannya ketika para tenaga kerja dalam
keadaan tertekan, atau terlibat beberapa masalah dalam pencapaian target
tersebut. Motivating ini bertujuan agar para tenaga kerja sadar dan kembali
pada target awal sehingga memunculkan suatu tenaga tambahan dalam diri masing
masing tenaga kerja untuk lebih semangat lagi mencapai target.
- Management dalam Pengendalian <controlling>
Pengawasan kepada setiap bagian untuk memastikan bahwa mereka <tenaga
kerja> tetap bekerja sesuai rule rule yang telah ditentukan di awal.
Kemudian apa hubungannya antara Organisasi, Metode (tata kerja), dan
Management ? Ketiga kata tersebut sangat erat hubungannya, Untuk mencapai suatu
tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya, Management bertindak sebagai sebuah
proses dalam pencapaian tujuan melalui kerja sama antar tenaga kerja, di dalam
proses tersebut pasti akan membutuhkan suatu alat pengelompokan kerjasama yang
dalam hal ini Organisasi adalah ahlinya. Agar tujuan tercapai dengan efisien,
maka Metode (tata cara) menyediakan berjuta – juta cara bagaiamana mencapai
tujuan tersebut. Oleh karena itu ketiga komponen ini tidak dapat di pisahkan
satu sama lain.
multiply.com/journal/item/24/organisasi_dan_metode
http://coursemean.wordpress.com/2011/10/03/arti-pentingnya-organisasi-dan-metode/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar